batik indonesia

Pusat Grosir Batik Trusmi Cirebon

Batik Indonesia – Keanekaragaman jenis Batik menjadi salah satu bukti betapa batik sudah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu.
Ditetapkannya batik Indonesia menjadi salah satu warisan dunia oleh UNESCO, membuat popularitas batik semakin mendunia. Ditambah lagi dengan makin variatifnya aplikasi ragam batik dalam fashion dan aneka produk lainnya. Mari kita jadikan batik sebagai budaya bangsa kita.

Berdasarkan jenis dan teknik pembuatannya, Batik Indonesia dapat diklasifikasikan dalam 4 jenis :

• BATIK TULIS (Batik Indonesia)
Dibandingkan jenis-jenis batik yang lain, jenis batik tulis tergolong yang paling tinggi nilai seninya & eksklusif, motif berdimensi dan warnanya pun tembus (pada kedua sisi).
Hal ini disebabkan jenis batik tulis dikerjakan sepenuhnya secara tradisional. Mulai dari proses pembuatan corak di atas kain, pengisian pola, sampai pewarnaannya dilakukan dengan tangan alias manual. Karena itulah biasanya jenis batik tulis memerlukan waktu yang relatif cukup lama untuk penyelesaiannya. Apalagi jika batik tulis yang dibuat adalah batik tulis bolak-balik atau dua sisi kain, prosesnya akan lebih lama lagi (karena menggunakan canting & prosesnya berulang-ulang). Bahan Baku yang di gunakan untuk batik tulis biasanya mengunakan kain mori untuk kain-kain tradisioanl, tetapi sekarang kebanyakan batik tulis mengunakan bahan sutera alam, sutera ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin), dan sutera organdi.

• BATIK CAP (Batik Indonesia)
Jenis batik ini tidak dibuat dengan menggunakan canting, tetapi dengan stempel/cap berbagai corak yang dibuat dari tembaga. Pada satu buah cap/stempel biasanya terukir satu motif batik tertentu. Cap berbagai ukuran tersebut tinggal dicelupkan ke dalam malam atau cairan lilin panas, kemudian ditempelkan ke atas kain polos yang menjadi kain dasar batik. Proses pembuatan jenis batik ini tergolong lebih cepat dan karena tidak harus menggambar corak secara manual. Bahan baku untuk jenis batik ini umunya mengunakan katun, rayon dan ATBM

• BATIK KOMBINASI (Batik Indonesia)
Jenis batik ini dibuat dengan proses cap yang kemudian diperhalus dengan proses batik tulis. Biasanya batik kombinasi ini mengunakan bahan katun. Hanya sebagain kecil batik jenis ini mengunakan sutera ATBM.

• BATIK PRINTING (Batik Indonesia)
Seiring dengan berkembangnya teknologi, muncul pula jenis batik printing yang dibuat dengan mesin dan diproduksi secara masal. Proses pengerjaan batik ini mengunakan mesin (flat print atau rotary print) Bahan baku untuk jenis batik ini mengunakan georgette polyester, katun dan rayon. Batik Indonesia